}); Tentang Monkeypox Virus (MPXV) | Indonesia Bisa Sehat !

Cari Artikel tentang :

Tentang Monkeypox Virus (MPXV)

Monkeypox virus (MPXV) adalah ortopoxvirus yang menyebabkan penyakit virus dengan gejala serupa cacar pada manusia, tetapi lebih ringan. Monkeypox manusia endemik di desa-desa Afrika Tengah dan Barat. Penyakit akibat virus ini ditularkan melalui binatang (zoonosis). Penularan dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi pada kulit atau mukosa dari binatang yang tertular virus. Di Afrika, infeksi pada manusia ditularkan melalui kera yang terinfeksi, tikus dan tupai. Faktor resiko lain yang memungkinkan terjadinya kasus Monkeypox karena konsumsi makanan yang telah terkontaminasi dengan proses pengolahan makanan yang kurang baik.
Gambar dari CDC Public Health Image Library
(https://www.who.int/emergencies/diseases/monkeypox/en/)

Penularan dari manusia ke manusia, dapat terjadi akibat kontak dekat dengan sekresi saluran pernapasan yang terinfeksi, lesi kulit dari orang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi oleh cairan pasien. Penularan terjadi terutama melalui droplet pernapasan. Penularan juga dapat terjadi dengan inokulasi atau melalui plasenta (Monkeypox bawaan).

Masa Inkubasi dari monkeypox biasanya dari 6 hingga 16 hari tetapi dapat berkisar dari 5 hingga 21 hari. Infeksi dapat dibagi menjadi dua periode: 
1. Periode invasi (0-5 hari) ditandai dengan demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembengkakan kelenjar getah bening), nyeri punggung, mialgia (nyeri otot) dan asthenia yang intens (kekurangan energi); 
2. Periode erupsi kulit (dalam 1-3 hari setelah munculnya demam) di mana berbagai tahap ruam muncul sering dimulai pada wajah dan kemudian menyebar di tempat lain di tubuh. Wajah (dalam 95% kasus), dan telapak tangan dan telapak kaki (dalam 75% kasus) paling terpengaruh. Perubahan ruam dari maculopapules (lesi dengan basis datar) ke vesikel (lepuh berisi cairan kecil), pustula, diikuti oleh kerak terjadi dalam waktu sekitar 10 hari. Perlu waktu sekitar tiga minggu sampai ruam menghilang.
Monkeypox biasanya merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan gejala yang berlangsung dari 14 hingga 21 hari. Kasus yang parah terjadi lebih sering pada anak-anak dan terkait dengan tingkat paparan virus, status kesehatan pasien dan tingkat keparahan komplikasi.

Belum ada vaksin yang dapat mencegah terjadinya penyakit Monkeypox, namun beberapa upaya pencegahan penularan yang dapat dilakukan diantaranya :
  1. Mengurangi risiko infeksi pada Manusia dengan meningkatkan kesadaran tentang faktor risiko dan edukasi mengurangi pajanan terhadap virus. 
  2. Menghindari kontak dengan tikus dan primata dan membatasi paparan langsung terhadap darah dan dagingnya. 
  3. Mengolah makanan dengan baik sebelum dikonsumsi. 
  4. Menggunakan sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai saat menangani hewan yang sakit atau jaringannya yang terinfeksi, dan selama proses pemotongan. 
  5. Mengurangi kontak fisik yang dekat dengan orang yang terinfeksi monkeypox 
  6. Menggunakan sarung tangan dan alat pelindung diri lainnya saat merawat orang sakit. 
  7. Mencuci tangan secara teratur setelah merawat atau mengunjungi orang sakit. 
  8. Dianjurkan pasien di isolasi baik di rumah atau di fasilitas kesehatan. 
  9. Petugas kesehatan dan mereka yang merawat atau terpapar pasien, serta sampel dengan monkeypox, harus diimunisasi cacar 
  10. Penangan dan pengiriman Sampel yang diambil dari orang dan hewan yang diduga terinfeksi virus monkeypox harus ditangani oleh staf terlatih yang bekerja di laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan dan sumberdaya manusia yang memadai. 
  11. Mencegah ekspansi monkeypox melalui pembatasan perdagangan hewan Hewan peliharaan yang berpotensi terinfeksi monkeypox 
  12. Hewan terinfeksi harus diisolasi dari hewan lain dan, hewan lain yang mungkin memiliki riwayat kontak dengan hewan yang terinfeksi ditangani dengan tindakan pencegahan standar dan diamati adanya gejala monkeypoxc harus segera dikarantina selama 30 hari. 
Masyarakat tidak perlu panik terhadap munculnya penyakit Monkeypox ini, yang harus selalu dilakukan adalah menjaga kesehatan diri dan lingkungannya. 

Sumber : 
https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/monkeypox,  
http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20190513/2830226/ini-tentang-monkeypox-mpx/

0 comments:

Posting Komentar

Followers

Sejak 2008-2017. Diberdayakan oleh Blogger.