Artikel tentang :

Memuat...

Penyakit Tangan Kaki dan Mulut

Penyakit Tangan, kaki, dan mulut adalah penyakit virus yang biasanya menyerang bayi dan anak dibawah 5 tahun. Namun, kadang-kadang dapat terjadi pada orang dewasa. Gejala penyakit tangan, kaki, dan mulut dapat berupa demam,   luka seperti melepuh di mulut (Herpangina), dan ruam kulit.
(sering disebut HFMD /Hand Foot and Mouth Disease dan ada yang menyebutnya dengan Flu Singapura :red.)
Penyakit Tangan, kaki, dan mulut merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang termasuk dalam genus Enterovirus (Grup). Kelompok ini mencakup virus polioviruses, coxsackieviruses, echoviruses, dan enterovirus.

Coxsackievirus A16 adalah penyebab paling umum dari tangan, kaki, dan penyakit mulut di Amerika Serikat, tetapi coxsackieviruses lainnya telah dikaitkan dengan penyakit ini.
Enterovirus 71 (EV71) juga telah dikaitkan dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut serta wabah penyakit ini.

Penyakit Tangan, kaki, dan mulut seringkali disamakan dengan penyakit kaki dan mulut (juga disebut kuku dan mulut penyakit) yaitu penyakit pada ternak, domba, dan babi. Namun, sebenarnya kedua penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang berbeda dan tidak berhubungan.
Manusia tidak mendapatkan penyakit hewan, dan hewan tidak mendapatkan penyakit manusia.

Tanda dan Gejala
Penyakit Tangan, kaki, dan mulut biasanya dimulai dengan demam, kurang nafsu makan, perasaan yang tidak jelas tidak sehat (malaise), dan sakit tenggorokan. Satu atau 2 hari setelah mulai demam, biasanya muncul luka sangat nyeri pada mulut (Herpangina). perlukaan itu di awali bintik-bintik merah kecil yang melepuh dan yang sering menjadi bisul. Luka sering kali muncul di bagian belakang mulut. Ruam kulit berkembang dalam 1 sampai 2 hari. Ruam memiliki bintik-bintik merah datar atau menonjol, kadang-kadang seperti melepuh. Ruam ini biasanya pada telapak tangan dan telapak kaki, tetapi juga dapat muncul pada lutut, siku, bokong atau daerah genital.

Beberapa orang, terutama anak-anak yang masih kecil, mungkin mengalami dehidrasi jika mereka tidak bisa minum cairan yang cukup karena luka mulut menyakitkan.

Orang yang terinfeksi dengan virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, dan mulut mungkin tidak mendapatkan semua gejala penyakit. Mereka mungkin hanya menderita mulut yang sakit atau ruam kulit.

Cara Penularan
Penyakit Tangan, kaki, dan mulut menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan virus menular yang menyebabkan penyakit ini. Virus ini ditemukan dalam sekresi hidung dan tenggorokan (seperti air liur, dahak, atau ingus), cairan dalam lepuh, dan tinja orang yang terinfeksi. Virus dapat menyebar ketika orang yang terinfeksi menyentuh sesuatu yang kemudian permukaannya disentuh oleh orang lain.

Orang yang terinfeksi akan sangat menular selama minggu pertama sakit. Virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, dan mulut bisa tetap berada di tubuh selama beberapa minggu setelah gejala hilang. Ini berarti bahwa orang yang terinfeksi masih dapat menularkan infeksi kepada orang lain meskipun mereka dapat terinfeksi kembali. Selain itu, beberapa orang yang terinfeksi dan dapat menularkan virus, termasuk pada kebanyakan orang dewasa, mungkin tidak memiliki gejala.

Penyakit Tangan, kaki, dan mulut tidak menular ke atau dari hewan peliharaan atau hewan lain.

Pencegahan Dan Pengobatan

Pencegahan
Tidak ada vaksin untuk perlindungan terhadap virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, dan mulut.
Kita dapat menurunkan risiko terinfeksi dengan cara :

Cuci tangan lebih sering dengan sabun dan air, terutama setelah mengganti popok dan menggunakan toilet.
Disinfeksi permukaan yang kotor dan barang-barang kotor, termasuk mainan. Pertama mencuci item dengan sabun dan air, kemudian mensterilkan mereka dengan larutan pemutih klorin (dibuat dengan mencampur 1 sendok makan pemutih dan 4 gelas air).
Menghindari kontak erat seperti mencium, memeluk, atau berbagi peralatan makan atau gelas dengan orang-orang dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut.

walaupun seseorang mengalami luka mulut, dan sakit untuk menelan. Asupan cairan sangat penting untuk tetap terhidrasi. Jika seseorang tidak dapat menelan cairan yang cukup, ini mungkin perlu diberikan melalui infus di vena mereka.

Pengobatan
Tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit penyakit tangan, kaki dan mulut. Namun, beberapa hal dapat dilakukan untuk meringankan gejala, seperti :

Menggunakan obat untuk menghilangkan rasa sakit dan demam (misal : Paracetamol :red) (Perhatian: Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak.)
Menggunakan obat kumur atau semprotan penghilang rasa nyeri mulut

Jika Anda mengatahui atau mengalami gejala seperti penyakit ini sebaiknya segera menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda.

Komplikasi
komplikasi terhadap Kesehatan dari Penyakit tangan, kaki, dan mulut tidak umum terjadi.
Beberapa komplikasi meliputi:
Meningitis Virus atau "aseptik" meningitis dapat terjadi dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut tapi jarang terjadi. Hal ini menyebabkan demam, sakit kepala, leher kaku, atau nyeri punggung.
Peradangan otak (ensefalitis) dapat terjadi, tapi ini lebih langka.
hilangnya Kuku tangan dan hilangnya kuku kaki telah dilaporkan terjadi, sebagian besar terjadi pada anak-anak dalam waktu 4 minggu sejak mereka mengalami penyakit kaki , tangan, dan mulut. Sampai saat ini, tidak diketahui apakah kehilangan kuku adalah hasil dari penyakit. Namun, dalam laporan terakhir, kehilangan kuku adalah sementara dan kuku tumbuh kembali tanpa pengobatan medis.
(sumber original : http://www.cdc.gov/hand-foot-mouth/index.html)



Artikel Terkait:

1 comments:

saracensa mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Poskan Komentar

Dapatkan Info Via Email

Terbaru

TerPopuler

Sejak 2008-2011. Diberdayakan oleh Blogger.